Secondary Menu

Demam Travel Di Jember

bus-3Travel atau jasa personal antar jemput penumpang dari satu tempat ke tempat lain memang bukan lagi satu hal baru bagi saya, anda, ataupun bagi Jember. Tapi sadarkah anda jika pelayanan jasa yang satu ini mulai marak hadir di kota Jember tercinta..??

Dulu, jenis angkutan seperti ini sudah ada walaupun masih belum begitu populer dipilih oleh masyarakat Jember. Mereka masih banyak yang memilih menggunakan transportasi umum lainya seperti kereta api, atau bus. Lambat laun, banyak travel agent yang semula memiliki satu atau dua armada mulai menambah jumlah kendaraanya. kalau dulu di Jember cuma ada satu atau dua travel agent, saat ini banyak pilihan. Tapi masih bisa dihitung dengan jari kok :)

Saya tidak tau pasti di mana lokasi para travel agent ini mangkal. Kalau anda pengguna setia, pasti sudah familiar dengan nama-nama seperti Bali travel, Surya Travel, Warna travel, Maluku Travel, dan Penjor Travel bukan..?! Saya sendiri selain tau karena memang pernah menggunakan jasa mereka, nama-nama itu juga seakan nancep di otak saya karena seringnya berpapasan dengan mobil-mobil itu di jalan :D

Oh ya nggak usah bingung kalau antara satu travel agent dengan yang lain memberlakukan tarif yang berbeda meski tujuan anda sama. Awalnya saya juga heran kok bisa beda gitu.. tapi akhirnya saya bermungkin-mungkin saja. “Mungkin karena mobil yang digunakan kelasnya berbeda” dan “mungkin juga karena barang bawaan saya buanyak dan akhirnya kena charge lebih”. atau “mungkin karena yang agak mahal itu mobilnya baru dan AC nya kenceng sedangkan yang murah mobilnya mobil lama” hehe..

Catatan kecil saya, di Jember memang lain dengan Kalimantan. Kalau di Jember saya dan penumpang lain bayar saat transit di tempat makan, daerah Probolinggo. Kalau di Kalimantan saya harus datang, pesan, dan langsung bayar. Di Jember cara pesanya lebih muda, anda tinggal telpon, daftar tujuan kemana, berapa orang, ikut jam berapa, dan di jemput dimana, thats it..!! Kalau di Jember cuma dapet kwitansi, di Kalimantan kwitansinya made in sendiri alias made by order gitu hehe.. look profesional dikit lah.

Pengguna travel yang meningkat salah satu alasanya karena rasa aman dan nyaman yang didapat. Banyak diantara teman saya yang lebih memilih menggunakan jasa ini karena nggak usah repot harus ke terminal lebih dulu. Lainya, karena alasan lebih aman dan terhindar dari tangan jail. Selain bisa langsung diantar ketempat tujuan langsung, juga nggak repot karena harus bawa barang banyak. Kalau alasan saya..?? karena nggak ngerti jalan dan naik angkutan apa lebih tepatnya haha..

Dan di Jember sekarang ini hadir satu lagi travel baru, Cipaganti namanya. Nggak kaget sih waktu liat armada Cipaganti banyak seliweran jemput penumpang di hotel, perumahan dan tempat lainya. Maklum saja, untuk ukuran Jember yang sudah sedemikian maju dan berkembang travel seperti Cipaganti group sudah seharusnya hadir dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus meningkat.

Ya.. di Jember travel memang sudah menjadi salah satu gaya hidup. Dan saya sebagai konsumen cuma berharap dengan berjamurnya pilihan, mereka terus bisa mempertahankan dan memberikan service yang terbaik.

Salam.
Eja

Sumber foto : Google

, , , , , , , , ,

18 Responses to Demam Travel Di Jember

  1. Yuri Putra Juni 1, 2010 at 11:14 pm #

    Mmg benar…. skrang angkutan antar jemput alias travel smakin marak d Jember…. mobilitas pndudukx yg tinggi dg tuntutan kymanan sbh layanan jasa trnsportasi adalah pemicu/ yg mdorong itu smua…

    Sbg pglaman sy smjak thn 2007 s/d 2009 btugas d Denpasar… smp trakhir sy mgunakan 2009 akhir…, travel yg mlayani byk, ada BALI prima, Harlin, WBU (skrg kykx ud gak ada lg), dan PENJOR. Para pgemudix mgatakan bhw jalur Jember-Dpsar adl jalur gemuk pnumpang….

    Tuh kan… qt sbg masy Jember mst bangga bhw dr kota qt tcinta mw kmana aja ga usah bingung… smua ada…., pesawat (pnh ada), bus, taxi, kereta api, smp travel… Bahkan tdk sdikit org dr kota sekitar Jember mst k Jember dulu ut dpt angkutan k tmp tujuan mereka… Ya kan??

    Inilah fenomena Jember yg smakin ramai, bkembang, dan mbanggakan… memang… dan benar adanya…

  2. eja Juni 4, 2010 at 9:33 am #

    @yuri :
    Ya Rute Jember-Denpasar emang ruamee buangget.. Daripada naek bis yang nggak nyaman itu (biasa dan nggak ada AC) mending pilih travel.
    Hmm.. tapi nasib angkot dalam kotanya memble Mas..
    Suwun Mas Yuri.

    //eja//

  3. DJ Alvin Juni 15, 2010 at 11:27 am #

    Seru tuh kyknya, soalnya klo ada undangan DJ di luar Jember, bsa pake jasa ini nih……….

    DJ Mix Tours

  4. Yuri Putra Juni 19, 2010 at 11:03 pm #

    Kalo mslh angkt dlm kota mmg mst ditata ulang deh mbak…. smua hrs sdr dan mw tlibat, pmrintah, masy., maupun pyedia jasa.

    Mslah angkot/ klething kuning hrs mw broperasi sesuai trayekx msg2 dan smp tujuan akhirx…. jgn tgh jalan ud putar balik, ya kan….

    Mslah bus kota, DAMRI sbg perintis awal mst mnata ulang manajemenx n mperbarui armadax…. dan ngmongin bus kota, kykx mst ada jg pmain baru, semisal kayak KOPAJA di jakarta…. jd ada smacm koperasi angkt bus kota d jember…. Bahkan.., kalo perlu ada moda transportasi modern dg nama Trans Jember…. semacam Trans Jakarta atau Trans Jogja… dijamin kueerenn mbak..

    Kalo mslh taxi, tolong bg yg sdh ada… dijaga armadax dan kramahan dlm playanan… bg investor taxi yg mw masuk, monggo…..

  5. eja Juni 23, 2010 at 10:33 am #

    @Dj Alvin :
    SIP..!!

    @Yuri :
    Angkutan kota pamornya emang turun Mas. Kendaraan pribadi sekarang ini memang lebih mendominasi jalan. Lebih ekonomis dan cepat memang jadi alasan masayarakat kita mulai berpaling. Sebenarnya sedih juga kalau denger supir Lin ngeluh sewa sepi dan pemasukan mereka turun drastis dibandingkan dulu. Tapi mau gimana lagi kenyataanya memang demikian.
    Tapi saya pribadi masih berharap angkot ini masih terus ada walupun sudah mulai berkurang, karena nggak sedikit yang masih membutuhkan jasa mereka. Jujur saya sudah lama nggak naik Lin dan bikin kangen juga ternyata :)

    Saya setuju dengan taxi yang harus terus berbenah diri dan memperbaiki citra.

    //eja//

  6. Agung Desember 2, 2010 at 10:40 am #

    Kalo Transport dari Jember ke Bali Pagi pagi adanya apa ya? kalo travel biasanya berangkat malem…atau ada travel yg berangkat pagi nggak ya? trims infonnya

  7. eja Desember 3, 2010 at 6:22 am #

    @Agung: Mas Agung, sek tak cari info dulu ya. Biasanya emang klo ke BALI travel itu berangkatnya malem, yang pagi saya belum pernah tau. Bukanya enak berangkat malem Mas jadi sampe BALI pagi..?!

    //eja//

    • Prabu Prabu Juni 8, 2014 at 9:36 pm #

      maaz sya puya rent car tlong carikn penumpang jawa bali

  8. andry April 30, 2012 at 1:37 am #

    sekedar sharing pengalaman pribadi.

    tgl 6 April 2012 kemarin, saya pesan jasa travel Surya jam 23:00 WIB dari Jember ke Bandara Juanda.
    travel datang menjemput sekitar jam 21:30 WIB, ketika saya bertanya kenapa sudah dijemput sebelum waktunya, supir travel menjawab dgn kasar dan malah menyalahkan kantor travel yg -menurut dia- salah memberi jadwal jam jemput kepada saya.
    setelah sedikit perdebatan, travel tsb akhirnya berjalan nonstop dari Jember ke Surabaya, dgn hanya berhenti sekali saja di SPBU di daerah Nguling.
    sesampai di bandara Juanda, saya baru sadar kalau saya kehilangan dua buah bungkusan dari tas saya.
    isi bungkusan pertama adalah sebuah handphone Samsung B7320 Omnia Pro dgn nomer IMEI 357962 03 059401 4, sebuah handphone Nokia N73 ME dgn nomer IMEI 358973 01 866258 1, sebuah charger merk Blackberry, sebuah handsfree merk Nokia, dan sebuah kabel USB merk Nokia.
    sementara isi bungkusan kedua adalah sebuah deodoran dan satu kaleng parfum (sepertinya siapapun yg mengambil bungkusan kedua tsb mengira kaleng parfum tsb adalah barang berharga karena kalau diraba dari luar bungkusan memang sekilas mirip handphone).
    hal ini berarti ada seseorang di travel yg entah bagaimana caranya berhasil membongkar tas saya di bagasi dan mengambil kedua bungkusan tsb.
    sekedar catatan, tanpa bermaksud menuduh siapapun, pada waktu kejadian, travel tsb mengangkut satu penumpang ekstra yg duduk di bagasi bersama dgn barang-barang milik penumpang (termasuk tas saya).

    saya sudah mencoba bertanya ke kantor travel Surya yg ada di Jember (di dekat pasar Tanjung), tapi mereka sama sekali tidak membantu.
    saya sudah melaporkan ke kantor polisi Jember, tapi seperti biasa, Polisi hanya membuat surat bahwa laporan sudah diterima dan mereka sama sekali tidak melakukan apapun.

    jadi daripada kejadian ini kembali menimpa orang lain, sebaiknya saya sharing di internet saja,
    kalau ingin menggunakan jasa travel Surabaya-Jember atau sebaliknya, sebisa mungkin jangan gunakan travel Surya selama masih ada pilihan moda transportasi lain.
    kalau terpaksa harus menggunakan travel Surya, jangan taruh barang di bagasi, lebih baik barang dipangku saja atau ditaruh di bawah di tempat duduk.

    lebih baik mencegah daripada menyesal kemudian.

  9. seno Desember 6, 2012 at 12:31 am #

    selamat malam semuanya
    Bapak @bpk yuri putra @ibu eja @Mas DJ alvin @Mas Agung @Mas Andi. sebelumnya perkenalkan nama saya seno marketing PT.Media Ekstran Jaya yang berkantor Pusat di Yogyakarta Jl. Parangtritis KM.35 Perwitaregency No.A32 Yogyakarta. Perusahan kami bergerak di bidang Tour dan Travel, Paket umroh dan Car rental dan Insya Allah tanggal 20 desember kami akan membuka cabang yang bertempat di Jl.Ahmad Yani No.75 Jember. Semoga dengan kami membuka cabang di kota Jember bisa membantu Warga Masyarakat di kota Jember di bidang transportasi, jasa tour & travel dan paket umroh. apabila dari bapak dan ibu memerlukan kami, kami siap membantu. nomer kantor cabang kami: (0331-3121118 atau 0823 3737 8588 ) adapun web kami di http://www.tiket2.com dan http://www.mediatovel.com. semoga kami bermanfaat untuk warga jember dan sekitarnya. terimakasih.

  10. Fahmi Januari 4, 2013 at 12:34 pm #

    Kalau travel dari Bali ke Jember tarifnya kira – kira berapa ya?

    • Eja Januari 4, 2013 at 1:17 pm #

      Sekitar 150rb an Mas Fahmi……

      //eja//

    • yuri putra Januari 14, 2013 at 8:24 pm #

      bener kata mbak eja mas… Rp. 150.000,- terhitung dari Jember Kota (non luar kota) dengan tujuan Denpasar.
      Pilihan banyak…. (maaf saya sebut merk)…. ada Penjor Travel, Cipaganti, Bali Prima, dan Harlin dengan pemberangkatan sebanyak 1-2 kendaraan untuk hari reguler…dan lebih dari 2 kendaraan untuk waktu liburan….. silakan anda pilih sendiri sesuai selera

      maklum wes pengalaman waktu tugas nang Bali 3 (telung) tahun….

      • Eja Januari 15, 2013 at 8:51 am #

        Sip.. suwun inpo na Mas Putra :)

        //eja//

      • cei Februari 8, 2013 at 12:53 pm #

        Rp 150rb, itu harga per.orang? kalau PP Rp 300rb dong.

        mohon infonya.

  11. masdok Agung April 8, 2013 at 8:36 am #

    mbak Eja..kalau untuk daerah jember untuk rental rental mobil ,misalnya saja kita mau bawa sendiri jalan ada kah referensinya mbak..

    • Eja April 8, 2013 at 8:46 am #

      Di Jember sekarang ini banyak kok Rental Mobil Mas. Mau yang pake driver or mau kita bawa sendiri bisa. Daerah kampus ada. Jl.Gajah Mada ada. Pokok lek muleh Jember wuakeh kok. :)

      //eja//

  12. jhon Desember 27, 2013 at 11:56 am #

    travel terpercaya apa mbak ,tarif umum ke juanda berapa mbak…. Cek in jam 7 malam Kalau berangkat dri jember jam berapa mbak makasih

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: