Secondary Menu

Bursa Durian Sumberjambe

DSC04027Jember memang bukan satu-satunya kota yang sedang panen Durian. Di kota lain saya yakin Durian atau Duren sedang musim-musimnya berbuah. Nah untuk anda yang memang gemar dengan buah yang satu ini sudah pernahkah mencoba ataupun mendengar Durian Sumberjambe..??

Bagi saya yang orang awam rasanya tidak begitu perduli dengan asal usul buah berbiji besar dengan wangi istimewa ini. Yang penting saat saya menikmatinya rasa khas durian yang tidak bisa diungkapan dengan kata-kata itu lumer di lidah dan mulut saya :) Anda mungkin lebih tau aneka jenis buah dengan nama latin Durio zibethinus ini, misalnya saja Durian Mentega, Durian Petruk ataupun Durian Mon Thong yang sudah lebih dulu terkenal di masyarakat. Tapi bagaimana dengan Durian Sumberjambe…??

Sumberjambe adalah nama kecamatan di Kabupaten Jember. Selama ini setau saya tidak ada yang begitu menarik dari kecamatan bermatapencaharian petani ini. Tapi itu dulu… sekarang nama Sumberjambe banyak diperbincangkan orang bukan hanya karena batiknya yang dilirik para kolektor batik (maaf batik Sumberjambe belum saya posting) tapi juga mulai terkenal karena buah durianya.

Tadi malam saya baru saya datang ke bursa durian. Acara yang kabarnya digagas oleh para petani durian Sumberjambe ini mendapat respon yang sukup bagus oleh masyarakat Jember. Meski masih terlihat sederhana dan apa adanya tapi saya senang dan cukup bangga loh. Bagaimana tidak rasa-rasanya baru kali ini ada acara spesial bursa duren pas musim duren hehe…

Yang berbeda itu, kalau kita beli duren di tempat lain sama di bursa duren: kalau anda beli di bursa duren adalah duren-duren itu sudah dibagi sesuai dengan harga masing-masing. Mulai yang maling murah Rp.8000 sampai yang paling mahal sekitar Rp30.000 jadi nggak usah pake acara tawar menawar segala. Selain itu disini anda juga dijamin dapet garansi kalau-kalau duren yang anda beli busuk atau mentah. Nggak usah takut salah pilah pilih ya.. karena anda akan dibantu dengan mbak dan mas yang jaga untuk mendapatkan durian terbaik, yang rasanya wueenak pool ..!! Ya yang enak pool alias rasa duren nggak mungkin banget beli duren rasa mangga agagag.. Disini disediakan tempat duduk kursi plastik dan tikar untuk anda yang ingin langsung makan duren ditempat. Nggak perlu khawatir air cuci tangan dan lap, karena sudah disediakan juga kok :)

Oh iya.. tadi malam saya sempat ngobrol sebentar dengan para petani durian yang kebetulan datang. Dan dari situ juga saya baru tau kalau ternyata bursa duren ini sudah rutin diselenggarakan tiap tahun oleh mereka. Untuk tahun ini Bursa Duren digelar mulai 16 Januari sampai 28 Februari di lantai satu Hardys Jember Jl.Sultan Agung.

Yang tersisa dari lawatan saya ke bursa duren tadi malam adalah andai saja event ini digelar lebih meriah dan menarik bukan tidak mungkin bursa duren Sumberjambe bisa jadi potensi wisata di Jember. Hmm… masih ingat acara serupa yang diperlombakan..? Seingat saya di Jember pernah ada acara lomba duren paling berat tolong dibantu infonya ya.

Salam.
Eja

Sumber Foto: Koleksi pribadi

, , , , , , , , , ,

13 Responses to Bursa Durian Sumberjambe

  1. akharis yuli Januari 28, 2010 at 1:48 pm #

    Durian Sumberjambe memang enak banget. Sultan Brunai pernah pesan durian sumberjambe. Dan pernah menang kontes buah nasional di Taman Mekarsari Bogor. Durian sumberjambe rasanya tak perlu diragukan lagi.

    • eja Januari 29, 2010 at 2:24 pm #

      Oh ya…?! Wah baru tau kalau Durian Sumberjambe dah dicicipin Sultan :) Sip.. emang Top bangget..!!

      //eja//

  2. Dian Januari 28, 2010 at 10:32 pm #

    Wah durian asyik banget tuh karena aku suka banget ama durian, kapan itu sebelum lebaran haji aku sekeluarga ke jember dan sempat beli durian, di emperan ruko2 gitu deh pokoknya mau ke arah keluar kota jember, lumayan enak dan harganya gak terlalu mahal. Jl Sultan agung itu deket mana ya, coz ntar kalo jadi pertengah feb aku mau ke jember

    • eja Januari 29, 2010 at 2:30 pm #

      Non.. Jl.Sultan Agung itu bisa disebut juga jalan raya. Setelah KFC atau sebelum ALun-alun Jember ya. Kalau Hardys disebelah kiri sebelahan sama pos Polisi. Ayo mampir rasaya lebih mantab dan terpercaya loh kalau beli di Bursa Durian. Trus nggak perlu pake acara nawar2 segala hehe..

      //eja//

  3. Sita Januari 31, 2010 at 6:24 pm #

    hmm durian emg yummy2…biasanya bursa durian ada tiap bulan apa ya?oya, btw pas desember kemarin saya pulang ke jember.saya sempet mkn di rumah mkn namanya kedai mie.didaerah jalan sumatra.menunya enak2 lho.tempatnya jg lumayan asyik…kyknya itu bisa jd recommended deh buat temen2 yg suka makan2…hehe

    • eja Februari 3, 2010 at 9:39 pm #

      Hai Say… Kabarnya Bursa Durian di Jember itu ada ya pas musimnya gitu. Sorry ya saya nggak bisa kasih jawaban pasti bulan apa tanggal berapa. Yang pasti kalau acara ini kembali digelar tahun depan jemberbanget nggak bakalan ketinggalan kasih infonya kok :)

      Hmm..Kedai Mie di jalan Sumatra…? Saya coba mampir ya. Suwun

      //eja//

  4. mift Januari 31, 2010 at 9:36 pm #

    Sori banget nih , baru gabung lagi , setelah lama absen@@@.

    wah..Mbak Eja ,saat ini sudah lebih sering tinggal di Jember ya!

    iya…setuju sekali jika king of the kong semua buah adalah..DURIAN. jika pas musim saya sering beli di depan sianett /atau SMP-2 atau jika lagi perjalanan ke mayang , kadang mampir untuk nikmati buah ini di sepanjang jalan menuju kesana. terakhir saya lihat para penjualnya malah telah menyediakan tempat duduk atau lesehan tempat untuk menyantap buah, complete with air cuci tangan dan tissue-nya.. .

    bersyukurlah ,jember daerahnya bisa tumbuh subur buah durian-sumber jambe, rambutan bangsal sari serta yg telah tersohor jeruk semboro.
    banyak daerah yang memetik banyak keutungan dari buah yg dihasilkan.Ambil contoh, daerah siak di prov. Riau dikenal sbg penghasil durian dan produsen dodol durian yg cukup terkenal sehingga menjadi oleh-oleh khas daerah tsb.
    Probolinggo terkenal dengan Mangga dan Anggurnya .
    Yg cukup maju dan bisa jadi benchmarch adalah Malang dengan buah apel dan produk derivatnya….(minuman, keripik, dll).

    Saat naik kereta Gajayana dari Yogya ke Jkt, ngobrol dengan 3 mbak -mbak anggota pencinta alam.saya sempat kaget , melihat dia membawa beberapa kardus yg isinya ternyata oleh khas malang , hasil dari olahan buah apel.
    Rupanya para pekerja kantoran di jakarta, pada musim libur suka mecoba lokasi wisata baru dimana mode transportasi mudah didapat dan nyaman. kabarnya jumlahnya banyak sekali!.

    andai PJKA DAOP -9 Jember , bisa propose untuk nambah rute baru KA executive Jakarta -jember(+BWI). aku yakin akan banyak positive impactnya.
    apalagi setelah lapter Notohadinegoro vacuum operationalnya, harus ada solusi alternative agar orang daearah lain lebih mengenal jember.

    tapi bener deh, jember dan daerah satelitnya…banyak potensi untuk di kembangkan . kita punya gunung, pantai yg indah, hutan taman nasional dan sungai-sungai untuk rafting.

    siapa tahu nanti , ada wisata para layang di rembangan he…he….he….

    rupanya kita perlu sosok executive yg “jember banget ” alias “kebangeten Jembere” utawa jare mbak Eja” cek Jembere”.

    Dek rema JE..? setujukah….
    waduh kok jadi ngelantur terlalu jauh….

    Mift

  5. eja Februari 3, 2010 at 9:46 pm #

    Hi Boz kemana aja kok baru nongol..? :)

    Iya didepan SMP 2 juga biasa jadi tempat rujukan klo mau beli duren. Biasanya makan di tempat lebih baik coz kalo dibawa pulang kadang suka dapet yang kurang bagus gitu.

    Setelah Durian Sumber Jambe, Jeruk Semboro, Rambutan Bangsal, kira-kira apa lagi yah yang bisa dibudidayakan di Jember..?! Hayooooo….?!

    Ide dan masukanya sip abiz tuh Mas.. Moga2 wakil kita di”atas” bisa merealisasikanya.. Amien.

    Salam.

    //eja//

  6. mift Februari 3, 2010 at 10:38 pm #

    just muter muter di tempat kerja Mbak. Tapi saya tetap terus pantau dinamika-nya JB …!

    rupanya perlu ada forum lagi ,supaya yg ‘atas’ sana bisa merealisasikannya.

    yg juga sudah terkenal ….Idamamie (kedelai)

    kapan ada kopdar lagi ya…?

    Mift

  7. Alvin_Trancepassion Februari 28, 2010 at 4:27 pm #

    Manis Banget nih Duren, Sampe Ketagihan Aku, EMPUK, LEGIT, and TEBEEEEEEEELLLLLLLL banget Daging Buahnya

  8. akharisyuli Juni 9, 2011 at 11:50 am #

    Lama tidak sowan ke Mbak Eja.
    Sudah 1 tahun lebih.
    Sekarang durian sumberjambe lagi paceklik, ngambek dak mau berbuah gara-gara perubahan musim ekstrim, seperti letusan gunung Bromo yang kemarin. Saya aja orang sumberjambe belum makan durian sampai sekarang.
    Tapi durian sumberjambe enak tenan…

    • eja Juni 9, 2011 at 12:42 pm #

      Iyaaa…. Padahal saya nunggu-nunggu loh Mas.
      Kok temen-temen dan durenya gak muncul hehe..

      Semangad Mas..!!! Siapa tau tahun depan dirapel buahnya
      agagag…

      :)

      //eja//

Trackbacks/Pingbacks

  1. Eksotisme Batik Sumber Jambe | Jember Banget - Juni 18, 2010

    […] Bursa Durian Sumberjambe […]

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: