Secondary Menu

Kenitu

Kenitu, buah asli Jember ?

kenituBuah yang cuma ada di Jember dan kabupaten tetangga seperti Lumajang, Bondowoso dan Situbondo ini kabarnya jadi salah satu buah langka di Indonesia loh. Rasa dan teksturnya agak mirip-mirip buah sawo. Buah ini berwarna hijau muda, dagingnya putih, berbiji hitam seperti biji sawo, manis, sedikit ada rasa sepet getah, kandungan airnya banyak, dan kalau dikupas isinya seperti buah kecapi :)

Dulu saya menganggap buah kenitu biasa saja. Karena informasi seorang teman yang bilang kalau buah ini cuma ada di Jember dan kabupaten tetangga akhirnya saya niat banget makan buah kenitu hehehe.. Tekstur daging buahnya lembut dan enak, tapi sayang saya gak begitu suka. Alasannya karena saya juga gak terlalu suka makan buah sawo (kenitu golongan buah sawo-sawoan). Kenitu terkenal juga dengan nama sawo hijau, apel jawa, sawo duren, atau sawo beludru. Tapi menurut saya nama KENITU yang lebih unik dan kereenz hahaha….

warung kenituSelain itu buah kenitu termasuk dalam buah musiman, biasanya ada di bulan-bulan mendekati puasa seperti sekarang ini. Meski di pusat kota juga banyak yang jual buah kenitu saran saya sih coba deh dateng ke sepanjang kali Bondoyudo antara Jatiroto – Tanggul, disitu anda bisa menemukan deretan penjual kenitu. Buah ini biasanya di jual per-renteng (seperti ikatan buah manggis) atau satu tempat baskom yang isinya kurang lebih 10 sampai 20 biji. Kalau harga.. wah saya lupa berapa, tapi murah dan bisa ditawar kok.

Anda..sudah pernah makan buah kenitu atau manecu ini..? atau malah sudah jadi penggemar berat buah kenitu..? Btw..emang bener ya buah kenitu itu ASLI Jember ? :)

Salam.
Eja

Sumber foto : Koleksi pribadi + Google

, ,

59 Responses to Kenitu, buah asli Jember ?

  1. NandaBali Agustus 3, 2009 at 8:59 am #

    KENITU……. ya sech…. enax banget… namanya ada lagi Eja… selain yang di sebutin di atas… kenitu itu juga di kenal dengan nama buah cipo’an…. bagi anak muda yang seneng apel malam mingguan

    Jadi yang belum pernah atau bisa ciuman alias cipo’an… beli aja kenitu yang banyak buat latihan… betul gak….

    Salam

  2. eja Agustus 3, 2009 at 10:45 pm #

    @nanda :

    hahaha….iya..pernah denger ada temen dulu yang bilang buah cipo’an..!!

    Tapi makannya gak dibuka/dikupas loh.. cuma dibuang tangkainya trus disedot/dicipo’ dibekas tangkainya itu…Mangkanya disebut buah cipo’an.

    Biasanya sih yang nyebut buah cipo’an itu orang tanggul dan sekitarnya..

    //eja//

  3. Eri Agustus 5, 2009 at 3:50 pm #

    tapi sekarang di bandung banyak yg ditanam dipinggir jalan, cuma karena tidak hapal akan buah tersebut, kurang diperhatikan, warna daunya mirip daun duren agak kuning kecoklatan, salam dari bandung

  4. eja Agustus 5, 2009 at 10:01 pm #

    @eri :

    Met mampir di jemberbanget.com :)

    Saya dah luamaaa buangget gak pernah ke bandung, dulu puun klo kesana musti malem gitu “beredarnya” hehehe…

    salam juga dari Jember.

    //eja//

  5. Eri Agustus 6, 2009 at 9:39 am #

    iya, kapan-kapan kalau mau ke Bandung, mampir, atau kirim e-mail, ya, aku ada hari Sabtu di Bandung, karena kerja di Jakarta, mana photo-photo daerah kebonsari, sekitar Armed 8, Kebonsari, mudah-mudahan ada, terima kasih, ditunggu

    • awang jingga Februari 24, 2013 at 4:30 pm #

      liat aja di fb gruop ambulu kita brother……mga sukses

      • Eja Februari 24, 2013 at 11:09 pm #

        Suwun.. Met Mampir agag..

        //eja//

  6. eja Agustus 6, 2009 at 9:42 pm #

    @eri :

    Wah makasih ‘undangannya” ya.. Insya allah nanti pas ke Bandung lage saya hubungi.

    Klo foto2 yang diminta saya pernah janji tapi abis lebaran loh janjinya hehe.. Moga aja pas puasaan saya dah mudik ke Jember jadi langsung bisa saya send via email or upload di jemberbanget. Sorry coz pas kemaren pulang dah gak sempet.

    //eja//

  7. yesi mariska Agustus 7, 2009 at 10:08 am #

    ngomongin kenitu….tauk ga…pas aku stay d jakarta ni….aku jd heran..cz orang sana g tau loh ma kenitu…jd pas mertuaku (ex)..yang notabene ad..orang jember asli bawa kenitu dr jember..dan d jadikan oleh2 untuk para tetangga di jakarta…mereka pada heran sekaligus kagum ma buah ini..hihi..termasuk krn cara makan nya yang unik….

  8. eja Agustus 7, 2009 at 6:38 pm #

    @maris :

    Bener kan.. masih banyak orang yang belum kenal/tau sama buah kenitu.

    Klo ada pisang ambon, salak bali, mangga indramayu yang tersohor itu kenapa juga gak ada kenitu jember di bandung, kalimantan, dan daerah lainnya yah..? kan keren klo “mau beli buah kenitu jember ah”..hehe..

    //eja//

  9. untumu Agustus 17, 2009 at 9:07 am #

    iyo rek, wis suwi aku gak mangan kenitu, pokok’e wuenaaakk poooll..
    nang jakarta ono sik dodolan gak yoo..??

    • Budi Utomo Maret 13, 2012 at 4:49 am #

      Di Ragunan (belakang bom-bin) beberap bulan lalu, saya pernah lihat penjual buah kenitu

  10. eja Agustus 19, 2009 at 8:20 am #

    @untumu :

    Thanks dah mampir.. :)
    Serem amat yah your nickname: “untumu” ..?! hehe.. Wah klo di Jakarta sih saya lom pernah liat ada yang jual. Gak tau juga arek Jember lain yg stay di sana.
    Hayo ada yg bisa bantu untumu gak…?!

    //eja//

  11. Eri Agustus 20, 2009 at 3:01 pm #

    mas @untumu, aku kost di Setia budi jakarta Selatan, kalau tiap jalan pagi, aku suka ngelewat taman sekitar G. Wisma Bakri, ada banyak ditanam, kemarin aku lihat dah sebagian berbuah, kalau cari yg jualan susah mas, sekedar informasi aja.

  12. eja Agustus 20, 2009 at 6:07 pm #

    @eri :

    Wah senengnya dibantu info soal kenitu. Buat mas ‘untumu’ ada tambahan info kenitu di Jakarta ya. Yang lain sapa lagi hayo yang mau kasih info..?

    //eja//

  13. eS Ge Agustus 21, 2009 at 11:36 pm #

    ngmg2 kenitu…ternyata disamping rumah saya ada pohon yang tumbuh…dan sepertinya sekarang lagi berbuah…tetapi pohon tersebut meninggalkan kisah2 mistis…hehehe

  14. eja Agustus 23, 2009 at 9:17 pm #

    @eSGe :

    Wah kalo dah pada buah bisa tuh kerumah sama anak2 JB minta kenitu-na hehehe… tapi kok pake acara serem gituh ya..? :)

    //eja//

  15. eS Ge Agustus 25, 2009 at 1:49 am #

    @Mbak Eja
    y gmn ngga serem…orang tetangga saia waktu naek tiba2 jatuh…hehe

  16. Madina Agustus 26, 2009 at 3:58 pm #

    Kemarin baru aja makan. Alhamdulillah.. Wah. .bangga saya bisa makan buah kenitu. Arek2 suroboyo manggilny gelintu. Apapun panggilannx yg penting rasanya. Krn manis dan cocok buat takjil. Buat yg belum coba, silahkan di coba. Salam kenal mbak. .
    Met puasa:-)

  17. eja September 1, 2009 at 4:10 am #

    @Madina:
    Syukurlah dah pernah coba buah kenitu coz masih banyak yg penasaran loh sama buah yg satu ini. Iyah setuju apapun namanya yg penting rasanya hehe..
    Salam kenal juga buat Madina. Met mampir di jemberbanget.com :)

    @esge:
    Gak jadi wes.. beli aja deh daripada2 hehehe

    //eja//

  18. Arie September 1, 2009 at 8:49 pm #

    Buah Kenitu sebelumnya tidak ada namanya, penduduk mengenal dengan berbagai macam nama versi, buah ‘Kenitu’ ada sejarah namanya, . Pada waktu Presiden Suharto msh sebagai penguasa di negeri ini , beliau berkunjung ke jember, dan pada saat melakukan kunjungan ke Desa beliau tertarik melihat buah yang berwarna hijau menarik yang tergantung di pohon , lalu memanggil ajudannya dengan perkataan sebagai berikut ” Hey tolong “ambil’ken itu” seraya menunjuk ke buah itu, masyarakat yang belum tahu apa nama buah tersebut langsung menggap bahwa nama buah tersebut adalah “Kenitu”. Sebenarnya yang menemukan nama buah tersebut adalah Alm. Presiden HM. Soeharto. hehehe

  19. eja September 2, 2009 at 5:25 pm #

    @arie:
    Iyo tah Rie…?! Bojuk palingan yo hehehe…
    Wah harus diteliti nih asal-usul nama kenitu :) Sapa yg mau bantu saya ketemu sama sejarawan Jember..?!

    //eja//

  20. trisusanto September 7, 2009 at 3:26 am #

    Kenitu (Chrysophyllum cainito L.), wah nggak tahu juga yach… ni buah asalnya dari mana. Tapi berdasar sumber yang saya dapat, daun kenitu ini pernah dijadikan obat kanker oleh masyarakat Kuba di Miami, so ni buah juga ada di luar negeri sonoh.

    N sekedar info, di daerah asalku (Sampang-Madura) buah ini juga ada, n di rumah saudara Q yang di kaki gunung Semeru bahkan punya pohon buah ini. So, masih misteri ni buah asal asulnya dari mana……

    ada yang laen ….?????

  21. eja September 7, 2009 at 8:50 am #

    @trisusanto:

    Oh itu ya nama ilmiahnya kenitu..?! Keren juga yach bisa dipake buat obat kanker, klo di LN aja begitu bermanfaat kenapa di DN gak. Hmm.. kurang informasi yang cukup kali.

    Ok.. nih buah ada di Jember, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Probolinggo dan Madura. Di Daerah lain ada gak..?

    //eja//

  22. Anang Oktober 21, 2009 at 3:48 pm #

    banyak tuh pohon kenitu dimana-mana, ditempat asalku (jombang) juga ada banyak, malah gak begitu disukai……
    kalo ada yang bilang buah asli dari jember kassssiiiian deh lu.. gak pernah sekolah

  23. eja Oktober 21, 2009 at 4:13 pm #

    @anang :
    Ya… pohon kenitu ternyata tumbuh dibanyak tempat di Indonesia, seperti info dari temen-temen JB di “Luar”, pun info itu juga datang dari Pak Eri kalau di Bandung juga banyak bangget pohonya.
    Trima Kasih untuk Mas Anang untuk informasinya kalau pohon kenitu ini pun ada di Jombang.

    Tulisan saya mengenai kenitu diatas sebenarnya bukan untuk “memproklamirkan” KENITU sebagai buah ASLI Jember Mas, tapi didasari karena rasa penasaran saya akan buah yang satu ini (bisa diliat dari judul dan kalimat akhir yang menggunakan tanda tanya). Maklum saya pendatang dan belum pernah melihat bahkan beli buah kenitu selain di Jember.

    Sekali lagi Trima kasih infonya dan Met mampir :)

    //eja//

  24. gufy Oktober 27, 2009 at 5:55 pm #

    klo di daerahku itu namanya buah genityu atau buah cipokan.
    karena caramakannya yang aneh…
    jadi bagi sapa yang mau datang ke jember, cobain dech buah ini…
    di jamin ketagihan wes,….!!
    tar aq kasih tau cara makannya…

  25. eja Oktober 27, 2009 at 9:25 pm #

    @gufy :
    hahaha… Bisaaaa ajaaa…!!

    //eja//

  26. Eri Winandar Desember 31, 2009 at 7:45 pm #

    Hmmm..jadi inget waktu kecil dulu…aku suka manjat pohon ini kalo pas lagi musim, trus kecik-nya buat mainan.
    Masa kecil yg menyenangkan :-)

    Piye kabare semboro :-)

  27. Alvin_Trancepassion Februari 28, 2010 at 4:30 pm #

    Buah Ini Sejenis ama Buah “Kenitu” Brazil, cuman namanya bukan Kenitu, tapi Abiu, Daging Buahnya Lebih manis daripada sodaranya, Kenitu.

  28. virga_WO Maret 20, 2010 at 12:12 pm #

    begh… mak gag enek sumberbaru??? kan sumber buah kenitu tuh dari kecamatan sumberbaru… hadahhhh…. :(

    • eja Maret 25, 2010 at 11:52 am #

      Wadow… sek tas ngerti loh Maklum ya kurang gaul hehe… Thanks infonya mau donk kapan-kapan di anter main ke Sumberbaru :)

      //eja//

  29. ayu Agustus 20, 2010 at 4:24 pm #

    dulu aq prnah dapat oleh2 buah kenitu dari malang. tapi rasane gk enak. banyak getahnya

  30. eja Agustus 20, 2010 at 4:31 pm #

    @ayu : hmm… lom biasa kali makan buah kenitu, mangkanya nggak suka :) dingin lebih enak klo menurut ku.

    //eja//

  31. sony September 18, 2010 at 12:34 pm #

    bukan hanya di jember saja mbak didaerah lain juga ada cuma namnya beda klo di tempat saya di mojokerto namanya glitu

  32. eja September 22, 2010 at 8:11 pm #

    @sony : Iyah… Di Bandung juga ada ternyata :) Suwun ya.. Met Mampir..

    //eja//

  33. tal Agustus 10, 2011 at 10:36 am #

    salam..
    buah ni dalam bahasa inggerisnya apa ye..
    T.kasih

  34. Galih Agustus 15, 2011 at 12:35 am #

    Ada kejadian lucu nie, kebetulan saat ini saya menetap di Manila dan sebulan yang lalu saya jalan-jalan ke pasar besarnya di Manila, namanya Quiapo, sebetulnya cuma nemenin temen yang lagi nyari lensa buat camera NIK*n-nya. Pas lagi jalan, ada orang bawa gerobak putih tiba-tiba berhenti di depan kami. Lebih mengagetkan lagi ada buah Kenitu didalamnya. Antara sadar atau tidak, saya mengatakan Kenitu dan sepertinya si penjualnya tau lalu mengatakan “Yes Sir, genitu, only 50pesos perkilo”… Dalam hati saya mengatakan “BullSh**, kenapa bisa ada Kenitu di Manila, hampir sama pula namanya.. ” hahahaha.. lumayanlah, begitu sampai apartment, saya makan buahnya… berasa banget balik ke Jember, merasakan dulu ibu sering membelikan buah ini.. dulu saya berfikir buah ini cuma ada di Jember, tapi sekarang tidak lagi deh.. hehehehe

    • eja Agustus 15, 2011 at 7:30 am #

      Oh yaaaaa…??? Senengnya pas tau kalo kenitu juga ada di Manila…!!
      Rasa dan wangi sesuatu memang bisa bikin kita ada di masa dan waktu tertentu.
      Dulupun kalo saya lama nggak ke Jember wangi sirup cap lonceng dan rujak cingur
      bikin saya kangggen sama kota ini :)

      //eja//

  35. zoel Oktober 11, 2011 at 10:46 am #

    di malang ini adalah buah favorit saya waktu masih kecil ada dirumah paklek saya … jadi kangen

    • eja Oktober 13, 2011 at 12:02 pm #

      Kalo mampir Jember bakalan seneng pasti… :) Maklum kalo dah musim…
      Kenitu Diman-mana…

      //eja//

  36. Luluk RA Februari 27, 2012 at 12:48 am #

    Salam knal mb.
    saya di madura. Di rumah saya banyak buah kenitu. tapi orang rumah menyebutnya kenatu. sekarang sedang berbunga. tapi sayang kalau lagi musim harganya murah banget.

    • eja Februari 27, 2012 at 11:55 pm #

      Halo salam kenal juga Mbak Luluk RA :)
      Banyak juga yaaa…??? Musimnya bulan apa biasanya mbak..??

      //eja//

  37. Luluk RA Februari 27, 2012 at 12:51 am #

    Kalau menurut om wiki kenitu berasal dari dataran rendah Amerika Tengah dan Hindia Barat.

  38. pakqq Februari 28, 2012 at 11:07 am #

    ada juga yang menyebutnya apel umbel :))

  39. Haryoko Agustus 23, 2012 at 9:54 am #

    Kalo aku di Malang sudah pernah makan, tapi baru di Jember aku bisa menemukan beberapa jenis yang berbeda baik bentuk, warna maupun karakter dagingnya dan rasanya…. mengingatkan aku pada pengalaman berburu kenetu manecu di Gumuk Mas, Jember…..1985

  40. Yunita khumaeroh November 20, 2012 at 8:31 am #

    aku mau beli buah kenitunya 2kilo mau di antar ke alamatku ngga?
    serius nih

    • Eja November 20, 2012 at 9:06 pm #

      Sek gak musim sekarang Mbak… :) Nanti bar-kabari lek musim ya.

      //eja//

  41. Yunita khumaeroh November 20, 2012 at 8:31 am #

    dikirim via post maksd aku….

  42. awang jingga Februari 24, 2013 at 4:37 pm #

    kenitu juga nama lainnya maninco….memang hanya ada di sekitaran kota jember saja….apa lagi di timur tengah…..sampai botak pun tak akan pernah bisa di dapat di sana.

    • Eja Februari 24, 2013 at 11:11 pm #

      agagag.. Isa aja nih.. Gimana kalo sampeyan expor kenitu…??

      //eja//

  43. Marlina Mayasari Maret 7, 2013 at 1:35 pm #

    Tetangga saya ada yg memiliki pohon kenitu,emang shi buahx sepat tapi enak banget tuch buah kenitu,tapi klu didaerah suami saya malah ngga ada yg tau tuch apa buah kenitu?
    Salam kenal dr Marlina KALTIM

    • Eja Maret 7, 2013 at 5:09 pm #

      Hallo Mbak, Salam juga dari Jember :D Sepat..?? Mungkin belum mateng banget kali yah agag…
      Met mampir di Jember Banget dot com

      //eja//

  44. sulton habibi Mei 27, 2013 at 1:58 pm #

    kenitu banyaknya dilumajang mas,jember hanya dikit,.,.
    kalau gak percaya,kalian kalau mau kejember lewat lumajang saja,.,
    mulai ranuyosao banyak banget orang jual dipinggir jalan,.,.
    dari pada dijembernya lebih banyak disana,.,.

    • Eja Mei 30, 2013 at 10:56 am #

      Kadang juga beli di sepanjang jalan pinggiran kali Bondoyudo kok mas. :)

      //eja//

  45. Ora Usom Mei 29, 2013 at 10:36 am #

    Kalo dijombang buah ini biasa di sebut gelitu

    • Eja Mei 30, 2013 at 10:56 am #

      Oh ya…??? Suwun inpo na :)

      //eja//

  46. renny Desember 19, 2013 at 7:32 pm #

    Kenitu emang eenak ,ak nyidam kenitu sampek ak bela*in pergi k jember padahal ak dibatm ,

  47. Muhammad Ubaidillah (@ubedbedbed) Desember 21, 2013 at 3:52 pm #

    iyess banget dahh. mbiyen ki ng ngarep omah jejer uuuwakeh bangt. mbiyen

Tinggalkan Balasan

%d bloggers like this: