Secondary Menu

Sentrum, Toko Kain Legendaris

Sentrum

Sentrum

Jalan Sultan Agung lebih di kenal dengan sebutan jalan raya oleh warga Jember. Di jalan raya inilah awal mula pergerakan ekonomi Jember di mulai. Setau dan seingat saya dulu pertokoan memang terpusat di kedua sisi jalan ini. Diantara toko-toko yang masih kokoh berdiri dengan bentuk bangunan yang belum sedikitpun mengalami perombakan atau renovasi berdiri toko yang menjual aneka macam kain atau bahan. Sentrum adalah nama toko yang saya maksud disini. Sejak kapan..? kalau itu yang anda tanya saya memang belum bisa menuliskan tahun bahkan tanggal dengan rinci, yang saya dengar toko Sentrum adalah toko kain tertua yang ada di Jember. Pemilik toko ini adalah keluarga keturunan India. Saya tau dari beberapa ornament yang terpajang di dinding dan meja kasir. Tak jarang saya menemui wajah keturunan India saat membayar kain di kasir atau melihat ada yang berbaik hati sedang melayani para pembeli.

Di toko Sentrum anda bisa menemukan berbagai macam jenis kain sesuai keinginan. Mulai dari jenis kain katun, kain celana, kain brokat sampe yang mau bikin gorden juga tersedia disini, pokoknya kumplit deh. Toko ini lumayan luas dan besar di bandingkan dengan toko serupa di Jember. Saat anda masuk pasti langsung di sambut dengan karyawan yang kebanyakkan mas-mas. Gak usah takut kalau anda keliling pilah-pilih kain ada satu karyawan yang mendapingi, karena tugas mereka memang tukang potong kain. Pengalaman aja ya.. mas-mas ini juga bisa dimintain saran atau informasi urusan kain loh. Jadi kalau kita masih bingung mau beli kain jenis apa yang cocok sama pakaian yang mau kita jahit bisa tanya ke mereka.

Lokasi yang strategis dengan pilihan jenis kain yang cukup banyak bikin toko Sentrum selalu ramai di datangi para pembeli, menjelang hari raya apalagi. Potongan harga atau diskon besar-besaran juga sering ada di toko ini meski cuma hari-hari biasa alias tidak ada event tertentu. Kalau anda cukup jeli, sabar memilih, dan sedang beruntung bisa saja mendapatkan kain kualitas terbaik dengan harga yang cukup murah.

Selain jual kain di toko Sentrum juga ada fasilitas jahit menjahitnya loh. Memang anda tidak menemukan tulisan “Tukang jahit” atau “Tailor” karena tidak ada plang seperti itu. Tanya saja ke karyawan toko mereka pasti langsung kasih tau tempatnya. Ruangan untuk jahit pakaian ada di belakang ruang display kain gorden. Karena nyempil wajar kalau gak keliatan dari luar. Selesai beli bahan langsung jahit, simpel kan. Oh iya info juga kalau disini hanya menerima jahitan pakaian cowok seperti celana, baju, stelan safari, dan bikinin jas. Kalau untuk perempuan sebatas bisa bantu bikinin celana panjang saja, itu jawaban yang saya tau dari mbak-mbak penerima order. Semua penjahitnya laki-laki bahkan ada yang sudah puluhan tahun kerja disini. Ada seorang bapak yang sudah sepuh suka nanganin jahitan saya dan keluarga, kabar yang terakhir waktu saya datang bapak itu..(saya lupa namanya) sudah meninggal dunia. Saya sedih saat dengar kabarnya…soalnya bapak itu sabaarr banget kalau lagi ngukur atau dengerin mau kita yang macam-macam. Senyumnya masih saya ingat sampai sekarang ):

Jam buka toko Sentrum memang dari pagi sampai malam hari. Tapi ada jam-jam tertentu toko ini istirahat alias tutup sementara. Kalau tidak salah tutup sekitar jam 12 sampai jam 2 siang (bener gak ya..?).

Kalau mau hunting kain kenapa gak dateng ke toko Sentrum ini saja..?! Met belanja.. :)

Update: Ada kabar Sentrum dijual. Meski tampilan masih sama tapi yang dikasir dah beda, bukan lagi orang arab tapi orang jawa.

Salam.
Eja

Salam.
Eja

, , ,

16 Responses to Sentrum, Toko Kain Legendaris

  1. zilfana Juni 29, 2009 at 10:38 am #

    kayaknya fotonya bukan diambil di sentrum deh…..

  2. siwa Juli 27, 2009 at 4:56 pm #

    ada jual kain katun paris ditoko itu??
    berapa ya per meter??
    ada no telepon or emailnya mbak??

    thanks

  3. eja Juli 28, 2009 at 5:23 pm #

    @siwa : Say.. sorry ya klo katun parisnya saya gak tau ada apa gak apalagi harga permeternya.. No tlp or email Sentrum di tunggu yach.

    //eja//

  4. siwa Juli 29, 2009 at 7:22 am #

    ok mbak, thanks ya saya tunggu no teleponnya.
    Kalo tempat yang lain ada tahu gak mbak yg jual katun paris tolong infonya donk

  5. eS Ge Agustus 12, 2009 at 2:09 am #

    saya dulu pernah di kira anaknya yang pny sentrum…hehe padahal saya plg males klo di kira orang arab2 india2 n sejenisnya…lha wong saya jawa asli kok…

  6. eja Agustus 12, 2009 at 9:08 am #

    @eSGe :

    Kok Isa..?! Mungkin wajah dikau itu seperti oarang IMPORT dari Bombay meski asline LOKAL dari Kalisat hihihi… (jok nessu loh guyon)

    //eja//

  7. Aminah Maret 5, 2010 at 11:49 am #

    aku pingin kain katun untuk buat baju ,gimana aku mau pilih kainnya kalo ga kesana ya

  8. Bung Ben Agustus 22, 2010 at 4:53 pm #

    Sekedar info. Centrum udah ada sejak th 1920an.

  9. Anayanti Shinta November 11, 2010 at 3:15 pm #

    Nice blognya, isi tip juga bagus, makasih bisa jadi referensi… ini pake theme wordpress apa ya ?

  10. eja November 13, 2010 at 9:14 pm #

    @anayanti : Suwun.. makasih :) theme nya bikin sendiri Mbak.
    klo nggak salah sama admin jemberbanget dirilis ke publik kok. Nti ya saya tanyain dulu.

    //eja//

  11. fachri Februari 14, 2012 at 2:33 pm #

    mbak maw tanya nuich…kain putramil ada gak dan permeternya berapa mbak???

    saya tunggu lo jawabannya..hehheh

    • eja Februari 20, 2012 at 6:17 am #

      Wadaaah yo nggak ngerti Non agag.. (Non apa Boy ya)
      Coba langsung ke TKP ajaaa yaaaa…..!!! :)

      //eja//

  12. ardhika September 17, 2012 at 7:51 am #

    tolong dong nmr tlfnx.saya dari luar kota.klo mo nanya2 biar gk usah pake ke jmbr dlu. thx

    • Eja September 19, 2012 at 9:13 am #

      Gak janji ya Mas/Mbak… Insya Allah secepatnya dikabarin no tlp sentrum :)

      //eja//

    • Eja Oktober 19, 2012 at 11:48 am #

      No tpl Sentrum : 0331-421241 / 0331-486846

Trackbacks/Pingbacks

  1. Slamet Yang Selalu Dihati | Jember Banget - Oktober 27, 2009

    [...] Sentrum, Toko Kain Legendaris [...]

Tinggalkan Balasan

%d bloggers like this: